Jumat, 25 Mei 2012

Belajar Bahasa Pemrograman C: Hello World!

Setelah sebelumnya saya membahas langkah sederhana sebelum memulai mempelajari Bahasa Pemrograman C menggunakan Code Blocks, sekarang kita akan membahas langkah yang lagi-lagi sederhana untuk mulai menulis program dengan Bahasa C ke dalam kompilator kita : Code::Blocks.

menampilkan teks
 
Hello World!

Cara ini merupakan langkah universal yang biasanya dilakukan oleh seorang Programmer dalam memulai menulis sebuah program. Pendiri Wikipedia, Jimmy Wales juga menuliskan Hello World! sebagai postingan pertamanya di Wikipedia. Namun itu hanyalah sebuah kebiasaan yang tidak terikat dan Anda pun sebenarnya bebas menuliskan apa saja di program pertama Anda :)

Program dalam Bahasa C pertama kita adalah menampilkan teks Hello World! di layar monitor/konsol. Silahkan anda ketikan baris program dibawah ini pada Code Blocks:

*Code Blocks biasanya akan mengisi secara otomatis baris program yang Anda ketik seperti tanda kurung dan tanda kutip*

Lalu jalankan program diatas dengan cukup menekan tombol F9 pada keyboard. Maka hasil yang akan muncul adalah sebagai berikut:

Dalam Code Blocks maupun kompilator lain, program harusnya di 'build' dahulu sebelum di 'run'. Maka, jika program baru pertama kali dijalankan lebih baik menggunakan kombinasi 'Build and Run' yaitu dengan menekan tombol F9. Anda juga dapat mengklik icon pada icon bar atau melalui Menu bar> Build > Build and run. Pada contoh diatas juga terdapat keterangan dibawah Hello World! yang merupakan keterangan yang ditambahkan oleh kompilator. Dalam hal ini Code Blocks.

Sekarang kita akan membahas baris program yang kita buat.

Bahasa C serumit apapun, selalu terdiri dari functions (fungsi) dan variabel. Fungsi berisi pernyataan yang menentukan jalannya suatu program dan variabel berisi nilai-nilai yang diperlukan dalam pengoperasian program oleh komputer. Dalam contoh ini fungsi kita diwakili oleh main.
main adalah fungsi yang sangat spesial. Dimana ia adalah tanda dimulainya sebuah program. Setiap program yang dibuat menggunakan Bahasa C seharusnya selalu menggunakan main.

Dari contoh di atas kita dapat melihat main mempunyai tanda kurung sesudahnya yang bisa diisi dengan arguments yang berguna untuk memberikan nilai pada fungsi. Dalam contoh ini, main tidak mempunyai argumen yang ditandai dengan kosong-nya tanda kurung setelah main.

main senantiasa memanggil fungsi lain yang diperlukan untuk membantu pekerjaannya, beberapa diambil dari yang Anda tulis, dan beberapa dipanggil dari libraries (perpustakaan) yang disediakan untuk Anda pakai. Libraries akan kita bahas pada kesempatan selanjutnya

Baris pertama dari program kita,

#include <stdio.h>

memerintahkan pada kompilator untuk memasukkan informasi tentang standard input/output (stdio adalah kependekan dari standard input output). Baris ini biasanya selalu dipakai dalam kebanyakan baris kode yang menggunakan Bahasa C.

Selanjutnya isi dari program yang kita buat
baris ini ditulis sesudah main yang di awali dengan kurung kurawal '{ ' dan diakhiri oleh pasangan hidup kurung kurawal tersebut yaitu tanda tutup kurawal '}'. Baris yang merupakan isi sebuah program ini disebut statements atau 'pernyataan'.

Di baris tersebut terdapat fungsi yang merupakan bagian dari stdio.h yaitu printf. Dimana printf berfungsi untuk menyediakan output dari argumen dalam tanda kurung sesudah dirinya. Argumen yang ditampilkan-nya dalam kasus ini adalah "Hello World!\n" dimana yang akan tampil dalam output nanti hanyalah Hello World! tanpa tanda kutip dan tanda aneh: \n.

Oke, '\n' tidaklah se-aneh itu. Ia berguna untuk memberi baris baru dalam argumen yang kita buat. Ya, seperti kita menekan Enter sesudah kata Hello World!. Anda dapat mencoba untuk menghapusnya dan melihat apa yang akan terjadi. Namun, jika Anda menulisnya seperti ini

 maka kompilator akan menampilkan pesan error. Karena printf tidak bisa memproduksi baris baru secara otomatis maka harus selalu ditambahkan \n jika Anda ingin membuat baris baru.

Anda juga dapat menulis baris program seperti ini
dan akan menghasilkan output yang sama.

Selain \n juga ada baris mirip yang memiliki fungsi berbeda seperti \t untuk tab, \b untuk backspace, \" untuk kutip dua,  \\ untuk garis miring itu sendiri (backslash), dan masih banyak lagi yang akan kita bahas di lain kesempatan.

Salam,

1 komentar :